Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Pinjaman Mudah Bersama asakita


Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Kehadiran pinjaman tunai online merupakan fenomena penting di industri keuangan sejak 2016. Dimotori oleh perusahaan Financial Technology (Fintech), pinjaman secara online menawarkan kredit pada para calon nasabah yang selama ini sulit mendapatkan kredit dari bank atau lembaga keuangan konvensional. 

Fintech hadir dengan berbagai bentuk kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Sejumlah keunggulan layanan pinjaman online tunai non bank diantaranya adalah tidak mensyaratkan Bank Indonesia (BI) Checking dan kepemilikan kartu kredit dalam pengajuan pinjaman. Tentu tidak adanya ketentuan ini mempermudah karena selama ini banyak yang ditolak bank akibat tidak punya histori kredit.

Selain itu, proses pencairan pinjaman secara online juga jauh lebih cepat dibandingkan bank. Pinjaman tunai online bisa dicairkan dengan durasi selama tiga hari kerja. Ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan proses 1 hingga 2 minggu di Bank.

Pengajuan pinjaman secara online bisa diakses melalui aplikasi di smartphone, sehingga proses menjadi lebih mudah dibandingkan harus mengunjungi kantor cabang bank. Batasan waktu dan tempat sudah tidak lagi menjadi masalah jika Anda melakukan pinjaman dengan proses online.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan untuk memilih salah satu diantara perusahaan-perusahaan pinjaman uang yang terbaik dan terpercaya diantaranya adalah :

Transparansi Biaya

Karena ini sifatnya yang online alias tanpa bertatap muka, maka kejelasan proses, persyaratan dan biaya menjadi sangat krusial dan harus dilaksanakan secara transparan sedari awal. Berapa bunga yang harus dibayar, jangka waktu pinjaman dan beberapa biaya terkait adalah informasi yang wajib tersedia di situs pinjaman. Di situs terpercaya biasanya akan dijelaskan secara gamblang dan rinci tentang apa saja persyaratan, bunga, kapan jatuh tempo dan biaya lain-lain.

Kemudahan Persyaratan

Untuk apa pinjam online jika syaratnya sulit. Mungkin itu alasan orang melirik pinjaman jenis ini. Kemudahan syarat adalah daya tarik pinjaman online dibandingkan kredit konvensional. Salah satunya adalah kelengkapan dokumen sebab yang sering terjadi adalah banyak orang sulit mengajukan kredit ke bank akibat tidak bisa memenuhi persyaratan dokumen.

Kecepatan Pencairan

Salah satu keunggulan yang ditonjolkan pinjaman secara online adalah kecepatan pencairan. Pertama, ada yang menjanjikan keputusan dalam waktu 1 minggu, tetapi tidak sedikit yang sanggup mencairkan pinjaman kurang dari 1 hari. Kedua, peminjam harus memperhatikan definisi dari janji kecepatan tersebut. Hal yang paling krusial adalah tentang untuk apa meminjam, kapan persetujuan pinjaman dan dana masuk ke rekening. 

Masalahnya, di lapangan tidak semua pinjaman online menerapkan definisi yang sama. Ada yang bilang persetujuan cepat, jika semua syarat terpenuhi dan verifikasi selesai dilakukan. Ada pula yang antara persetujuan dan pencairan terdapat jeda waktu yang lumayan.

Komentar